Daily Healthy Tips November 20th 2012

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

by Maria Dewi – The Acropolis Spa & Fitness

Kaitan antara konsumsi ikan dengan tingkat kecerdasan dan juga kesehatan sudah lama dikenal. Ternyata bahan rahasia dalam ikan yang banyak berperan dalam pencegahan penyakit adalah minyak ikan.

Minyak ikan, ditemukan dalam ikan yang mengandung lemak atau pun suplemen. Lemak pada ikan berbentuk cair, karena disebut dengan minyak ikan.

Penelitian menunjukkan banyak manfaat minyak ikan bagi kesehatan, tetapi bukti ilmiah menunjukkan minyak ikan bermanfaat paling besar bagi kesehatan jantung.

Penelitian juga menyebutkan minyak ikan bermanfaat  menurunkan kadar lemak darah trigliserida, memperlambat pembentukan plak pengerasan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, serta mencegah stroke pada penderita penyakit jantung.

Karena manfaat terbesar minyak ikan berasal dari kandungan antiinflamasi, omega-3, para ahli percaya minyak ikan juga efektif mencegah penyakit akibat inflamasi seperti arthritis rematoid, osteoporosis, dan sebagainya.

Manfaat lain minyak ikan yang sudah diketahui adalah menjaga kesehatan mata, menurunkan resiko penolakan setelah pencangkokan jantung dan ginjal, mengurangi gejala depresi, gangguan konsentrasi, penyakit jiwa berat Schizophrenia, atau gangguan bipolar.

Tubuh kita tidak dapat membuat omega-3, karena untuk mendapatkan jumlah yang dibutuhkan kita harus mengasup makanan yang mengandung omega-3 atau suplemen. Selain pada ikan berlemak, omega-3 juga banyak ditemukan pada kacang walnut, minyak canola, zaitun, flaxseed, serta kacang kedelai.

Dibandingkan sumber nabati, omega-3 yang berasal dari hewan tetap yang terbaik. Ini karena minyak ikan memiliki dua jenis asam esencial, yakni eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Sementara sumber nabati hanya mengandung asam lemak alpha-linolenic acid (ALA). Riset-riset menunjukkan manfaat EPA dan DHA jauh lebih besar daripada ALA.

Meski sumber alami,  yakni mengonsumsi ikan langsung dianggap lebh baik daripada suplemen tetapi sebaiknya Anda mewaspadai kemungkinan ikan tercemar mercuri atau logam berat.

Untuk menyiasatinya, pilihlah ikan berukuran kecil, misalnya sardin yang mengandung toksin lebih sedikit karena mereka berada di bawah rantai makanan. Makin besar ukuran ikan, makin besar pula kemungkinan ia terkontaminasi.

Bila ingin membeli minyak ikan, pilihlah yang berkualitas tinggi dan produknya punya reputasi baik.

About Administrator

Created by Bp. Algamar Idris (2012), Change by IT (201611)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s